-->

Jenis-Jenis Minyak Bumi

Jenis-Jenis Minyak Bumi

jenis-jenis minyak bumi dan penggolonganya berdasarkan letak geografi


Jenis-jenis minyak bumi. Minyak Bumi, terdiri dari beberapa campuran hidrokarbon yang kompleks, sebagian besar yang terkandung dalam minyak bumi adalah seri alkana, akan tetapi juga bervariasi dalam komposisinya. Minyak Bumi diambil dari perut bumi melalui sumur-sumur minyak di pertambangan-pertambangan. Setelah minyak bumi di ambil dari dalam perut bumi, minyak bumi akan di proses di pabrik kilang minyak dan akan dipisah-pisahkan berdasarkan titik didihnya dan akan menghasilkan beberapa hasil dari pemisahna minyak bumi tersebut. Sebagai contoh hasil dari pemisahan minyak bumi adala bensin, aspal, minyak tanah dan masih banyak lagi.

Sebelum membahas tentang hasil dari pemisahan dari minyak bumi , anda harus mengatahui dulu klasifikasi minyak mentah berdasarkan letak geografis yang dimana minyak bumi atau minyak mentah tersebut di produksi atau ditambang, klasifikasi berdasarkan lokasi geografinya yaitu west texas  intermediate, brent blend dan dubai crude.

·  West Texas Intermediate :  Minyak Bumi jenis west texas intermediate ini biasanya di produksi di Amerika serikat dan di suling juga di amerika serikat. Minyak bumi ini juga sering di sebut di pasar modal sebagai WTI dan juga sering digunakan sebagai acuan dari harga minyak global. Minyak bumi jenis west texas intermediate ini memiliki kandungan sulfur dan kepadatanya cukup rendah, yaitu minyak bumi ini memiliki kandungan sulfur di kisaran 0,24% dan minyak bumi jenis ini juga memiliki kepadatan atau gravity berkisar 39,6 derajat. Minyak bumi jenis west texas intermediate ini sering sekali disebut sebagai minyak mentah ringan dan memiliki kualitas yang sangat baik untuk di proses menjadi bahan bakar.

·      Brent Blend : Jenis Minyak Bumi Brent Blend ini berasal dari sumur-sumur yang berada di daerah laut utara eropa. Minyak bumi jenis brent blend ini diberi nama dari letak geografis tempat minyak bumi ini di produksi dan diekstrak. Jenis minyak bumi brent blend ini dikategorikan sebagai minyak mentah yang ringan yang sangat bagus apabila di proses menjadi minyak ringan. Minyak bumi brent blend ini memiliki kandungan sulfur 0,37% dan kepadatanya atau gravity sekitar 38,06 derajat, sehingga banyak yang menyebutkan minyak bumi jenis brent blend ini sebagai minyak mentah manis dan ringan. Jenis minyak bumi brent blend ini banyak diperdagangkan di Amerika serikat dan sebagian besar di perdagangkan di negara-negara mediterania.

·      Dubai Crude : Jenis Minyak bumi dubai crude berasal dari sumur minyak yang berada di salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia Dubai Uni emirat arab. Minyak Bumi jenis dubai crude ini menjadi salah satu patokan harga minyak yang di ekspor ke asia. Jneis minyak bumi ini memiliki kualitas menengah yaitu memiliki gravity atau kepadatan rendah yaitu 31 derajat dan memiliki kandungan sulfur 2%.

·     Russian Export Blend : Jenis Minyak Bumi russian export blend ini di golongkan ke dalam kelas minyak asam dan kepadatan sedang. Minyak mentah ini memiliki gravity atau kepadatan 32 derajat dan kandungan sulfurnya 1,2%. Minyak jenis ini kebanyakan berasal dari sumur minyak rusia dan menjadi acuan bagi minyak mentah di rusia. Harga minyak jenis russian export blend ini biasanya ditentukan dari du lokasi distribusinya yaitu negara italia dan belanda.

Setelah mengetahui klasifikasi Minyak bumi berdasarkan letak gografinya, kini saatnya membahas produk turunan dari minyak bumi atau produk dari pengolahan minyak bumi. Disini akan dibahas beberapa dari hasil turunan dari minyak bumi, di karenakan banyaksekali produk yang bisa di hasilkan dari pengolahan minyak bumi, disini akan dibahas hasil pengolahan minyak bumi yang sering kita jumpai sehari-hari yaitu  bensin, kerosin, premium, solar dan avtur.

·   Bensin : Bensin merupakan hasil dari pengolahan atau destilai minyak bumi. Bensin merupakan bahan bakar kendaraan bermotor yang banyak digunakan di indonesia yang ditentukan oleh aspek dari jumlah bilangan oktan yang terkandung, semakin tinggi bialangan oktan yang terknadung maka semakin bagus pulla kualitas dari bensin tersebut. Bensin merupakan bahan bakar yang banyak digunakan di indonesia , akan tetapi di negara-negara yang sudah maju bensin sendiri sudah dikurangi, dikarenakan kualitasnya kurang bagus, di luar negeri lebih banyak menggunakan bahan bakar yang lebih bagus kualitasnya seperti kalau di indonesia disebut pertamax.

·    Premium : premium merupakan hasil destilasi dari minyak bumi atau minyak mentah yang memiliki oktan yang lebih tinggi. Premium ini memiliki kandungan oktan yang cukup tinggi .

·     Kerosin : kerosin atau yang orang indonesia sebut sebagai minyak tanah. Kerosin atau minyak tanah sendiri adalah bahan bakar yang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Kerosin ini di dapat dari proses destilasi minyak bumi atau minyak mentah padasuhu antara 150-275 derajat celcius. Pada zaman dahulu sebelum adanya gas, kerosin atau minyak tanah ini digunakan sebagai bahan bakar kompor minyak untuk rumah tangga, akan tetapi sekarang ini kerosin sudah susah di jumpai di karenakan sudah tidak di produksi lagi dan sudah di ganti dengan gas Kerosin ini biasanya sebelum di distribusikan ke masyarakat akan ditambahkan zat pewarna kuning agar bisa membedakan kerosin dengan air.

·   Solar : solar merupakan bahan bakar yang sehari-hari digunakan untuk bahan bakar mesin yang memiliki mesi diesel, solar memiliki ciri warna agak kekuningan dan tidak mudah menguap pada suhu normal. Solar atau yang disebut diesel merupakan bahan bakar yang dihasilkan dari proses distilasi minyak bumi atau minyak mentah pada suhu 200-300 derajat celcius.

·     Avtur : Avtur atau aviation trbine merupakan jenis bahan bakar yan di gunakan pada pesawat terbang yang menggunakan mesin trbin atau mesin jet. Avtur ini terbuat dari minyak tanah yang di prose lebih lanjut. kandungan energi di dalam avtur ini sanat besar sehingga cocok untuk menggerakkan mesin turbin atau jet pesawat terbang. 

Inilah jenis-jenis minyak bumi dan produk turunan dari minyak bumi, masih banyak lagi produk-produk yang bisa dihasilkan dari minyak bumi. Mungkin dalam postingan berikutnya bisa dibahas lagi , semoga artikel ini bermanfaat dan memberi ilmu pengetahuan.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments