-->

Tujuan Pengeboran

Tujuan Pengeboran

Tujuan Pengeboran , Pengeboran Minyak Bumi

Dalam dunia Perminyakan tidak terlepas dari kegiatan yang namanya Pengeboran. Pengeboran sendiri banyak sekali jenisnya dan peruntukanya. Untuk kali ini saya membahas tentang Pengeboran putar atau yang sering di sebut Rotary Drilling. Langsung saja berikut adalah tujuan dari Pengoboran itu sendiri:

1.    sebagai jalan fluida keluar (dari reservoir ke atas tanah , misalnya sumur produksi) dan sebagai fluida masuk ( dari atas tanah ke reservoir , misalnya sumur injeksi ).
2.   untuk menyelidiki keadaan bawah tanah. Dan dengan analisa logging atau core dapat diketahui :
·        Isi kandungan batuan
·        Macam/jenis/sifat batuan
·        Susunan per lapisan / korelasi / penyebaran batuan
·        Umur / sejarah pengendapannya.

      Macam-macam kegiatan pengeboran antara lain :

1.    EKSPLORASI, yaitu salah satu proses pengeboran yang bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya minyak didalam suatu reservoir minyak yang ada didalam bumi. Adapun sumur eksplorasi pertama kali dibor dinamakan WILD CAT.

2.     APRAISAL ( Penilaian Formasi ), yaitu untuk mengevaluasi keadaan reservoir setelah melalui proses penelitian ada atau tidaknya minyak dalam suatu reservoir minyak yang ada dalam bumi.

3.  EKSPLOITASI ( Pengembangan ), yaitu merupakan proses tahap lanjut dimana proses pengeboran mulai dilakukan untuk menambah produksi minyak dan atau gas. Eksploitasi ini merupakan proses inti dari suatu proses pemboran, oleh karena itu diperlukan kinerja dan kerja sama yang baik dalam proses ini untuk mendapatkan hasil minyak semaksimal mungkin dengan biaya yang seminimal mungkin.

      Pemboran ini terjadi Karena adanya putaran pahat atau bit. Bit diikatkan dan diputar dengan drill string yang terdiri dari drill pipe, drill cooler dan join disertai dengan mata bornya. Cutting dinaikkan ke permukaan dari lubang bor dengan perantara fluida pemboran yaitu Lumpur yang terud bersirkulasi didalam pipa bor. Lumpur yang kembali ke permukaan, dimasukkan kembali ke beberapa kolam dengan harapan serpih pemboran akan mengendap. Lumpur yang sudah bersih kemudian disesuaikan dengan sifat yang dikehendaki sehingga dapat dipompa oleh pompa Lumpur untuk bersirkulasi kembali. Adapun keuntungan penggunaan bor putar diantaranya :

1.      memberikan kemajuan dalam pemboran karena  proses berlangsung lebih cepat.
2.    dapat memperkecil peluang terjadinya blow out karena tekanan hidrostatik dalam pipa dapat dikendalikan.
3.  dapat digunakan untuk pemboran berarah dimana arah pemboran ditentukan melalui alat yangdinamakan DYNA DRILL.
4.      dapat dilakukan untuk pemboran dalam.


Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments