-->

Sejarah Minyak Bumi

Sejarah Minyak Bumi

Sejarah Minyak Dunia

Minyak bumi telah digunakan oleh manusia semenjak zaman dulu, & sampai kini adalah komoditas yg penting. Minyak bumi sebagai bahan bakar primer,  sehabis ditemukannya mesin pembakaran , semakin majunya penerbangan komersial, & meningkatnya penggunaan plastik.

Lebih dari 4000 tahun yg lalu, berdasarkan Herodotus dan Diodorus Siculus, aspal sudah digunakan sebagai konstruksi pembuatan  tembok & menara Babylon; ada banyak lubang-lubang minyak pada dekat Ardericca (dekat Babylon). Jumlah minyak yang besar  ditemukan pada tepi Sungai Issus, galat satu anak sungai berdasarkan Sungai Eufrat. Tablet-tablet berdasarkan Kerajaan Persia Kuno menampakan bahwa kebutuhan obat-obatan & penjelasan untuk kalangan menengah-atas menggunakan minyak bumi. Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yg digali menggunakan bambu di Tiongkok.

Pada tahun 1850-an, Ignacy Ɓukasiewicz menemukan bagaimana proses buat mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi, sebagai akibatnya membuat bahan alternatif yang lebih murah daripada harus memakai minyak paus. Maka, dengan cepat, pemakaian minyak bumi buat keperluan penjelasan melonjak drastis di Amerika Utara. Sumur minyak komersial pertama di dunia yg digali terletak di Polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang sangat cepat pada  belahan dunia lainnya, terutama saat Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaan Branobel yang berpusat di Azerbaijan menguasai produksi minyak dunia dalam akhir abad ke-19.

Namun, terdapat sumber yg belum diketahui dengan sempurna berkata bahwa minyak bumi pertama kali ditemukan di Timur Tengah (Parsi antik/Iran). Diperkirakan pula bahwa Nabi Nuh AS juga memakai minyak bumi yg merembes di permukaan yg berbentuk asphalt atau teer buat menambal perahunya supaya tidak kemasukan air.

Seiring perkembangan jaman, Pada abad pertama, bangsa Arab & Persia berhasil menemukan teknologi destilasi minyak bumi. Destilasi ini membentuk minyak yg gampang terbakar. Semenjak itulah minyak dipakai menjadi bahan bakar. Minyak bumi sebagai bahan bakar pula ada pada zaman Harun Al Rasyid menggunakan nama Naphta

Pada zaman berikutnya timbul gas bumi yang ada di bagian atas yang  pertama kali & terbakar, sehingga pada masa itu ada kepercayaan  yg menyembah api yg menganggap itu merupakan api abadi (Majusi).

Beberapa abad kemudian bangsa Spanyol melakukan eksplorasi minyak bumi di wilayah yang sekarang bernama Kuba, Meksiko, Bolivia, dan Peru. Pada pertengahan abad ke-19, mansyarakat Amerika Utara dan Eropa menggunakan minyak tanah atau minyak batu-bara sebagai bahan bakar buat penerangan.

Seiring perkembangan zaman, mesin yang semula digerakkan dengan tenaga manusia dan hewan, mulai berganti memakai minyak bumi untuk bahan bakar buat menggerakkan mesin. Setelah James Watt menemukan mesin uap pertama kali yang memunculkan revolusi industri, warga  luas mulai memburu minyak bumi sebagai sumber energi, karena dianggap praktis dan tidak membuat repot.

Kemudian orang Babylonia & Asyur menggunakannya buat membuat jalan dan menggunakannya di kapal mereka. Orang Cina menggunakannya sebagai bahan bakar.
Dan banyak orang-orang Indian, Romawi dan Persia menggunakan minyak untuk menyembuhkan hewan tunggangan mereka saat melakukan bepergian.

Pada abad ke 8, orang-orang sudah mulai mengekstrak minyak mentah pertama di Irak. Kemudian pada daerah Azerbaijan, mereka telah mengetahui kegunaan berdasarkan minyak mentah tersebut namun belum mengetahui cara melakukan penyulingan minyak. Wilayah Timur Tengah misalnya Irak memang semenjak dahulu kaya akan kandungan minyak bumi.
Adapun orang yang pertama kali menemukan cara memasak minyak bumi menjadi minyak tanah & menggunakannya sebagai bahan bakar yaitu Muhammad Ibn Zakaria Al Razi yg dikenal sebagai ilmuwan muslim, beliau populer menjadi seorang kimiawan dan juga dokter dari persia.

Selanjutnya, selama berabad-abad, orang-orang belum terlalu memaksimalkan penggunaan minyak bumi menjadi bahan bakar sampai munculnya revolusi industri pada Inggris. Dalam abad ke 18-19. Pada masa itu, orang sudah mulai menyadari pentingnya minyak bumi menjadi bahan bakar atau energi.

Sampai kini  , Minyak bumi merupakan sumber energi atau bahan bakar yang  digunakan buat industri juga rumah  tangga. Minyak mentah bumi juga merupakan komoditas utama dalam perdagangan global.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments