-->

Minyak Bumi Berasal Dari Fosil

Minyak Bumi Berasal Dari Fosil

minyak bumi berasal dari.....


Minyak Bumi adalah bahan bakar yg dihasilkan alam berdasarkan fosil-fosil yg terpendam jutaan  tahun. Fosil merupakan sisa tulang-belulang hewan atau sisa flora zaman purba yang sudah membatu dan tertanam di bawah lapisan tanah. Minyak mentah (petroleum) merupakan campuran yg kompleks, terutama terdiri dari hidrokarbon dan komponen yang mengandung sulfur, oksigen, & nitrogen. Sangat sedikit komponen yang mengandung logam.

Minyak bumi berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan  yang mati sekitar jutaan tahun yang silam . Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar lautan, kemudian ditutupi oleh lumpur. Lapisan lumpur tersebut lambat laun berubah menjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Sementara itu dengan meningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anerob menguraikan sisa-sisa jasad renik itu dan mengubahnya menjadi minyak dan gasoline.

Struktur hidrokarbon yang ditemukan dalam minyak mentah adalah alkana (parafin), sikloalkana (napten), dan aromatik. Proporsi menurut ketiga tipe hidrokarbon sangat tergantung dalam asal minyak bumi.Pada umumnya alkana merupakan hidrokarbon yg terbanyak tetapi kadang-kadang mengandung sikloalkana menjadi komponen yang terbesar, sedangkan aromatik selalu merupakan komponen yg paling sedikit. Untuk memisahkan fraksi-fraksi pada minyak bumi bisa dilakukan menggunakan cara distilasi bertingkat. Setelah melalui distilasi bertingkat minyak bumi akan terpisah menjadi gas, bensin, kerosin, solar & lain-lain. Hasil distilasi tersebut dipakai buat menggerakan berbagai mesin, seperti: mobil, pesawat, mesin diesel & lain-lain, untuk keperluan industri, dan sebagainya.

Minyak mentah berbentuk cairan kental hitam dan berbau kurang sedap. Minyak mentah belum dapat digunakan sebagai bahan bakar maupun untuk keperluan lainnya, tetapi harus diolah terlebih dahulu. Minyak mentah mengandung sekitar 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom C-1 sampai 50.
Proses pembentukan minyak bumi dan gasoline ini memakan waktu berjuta-juta tahun. Minyak bumi yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori bagaikan air dalam batu karang. Minyak dan gas dapat pula bermigrasi dari suatu daerah ke daerah lain, kemudia terkonsentrasi jika terhalang oleh lapisan yang kedap. Walaupun minyak bumi dan gasoline alam yang terbentuk di dasar lautan, banyak sumber minyak dan gasoline yaang terdapat di daratan. Hal ini terjadi karena pergerakan kulit bumi, sehingga sebagian lautan menjadi daratan.

Pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok (fraksi) dengan titik didih yang berbeda. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan turun ke bawah, sedangkan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap naik ke bagian atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung. Makin ke atas suhu dalam menara fraksionasi semakin rendah. Sehingga , setiap kali komponen dengan titik didih yang lebih tinggi akan mengembun dan terpisah, sedangkan komponen yang titik didihnya lebih rendah naik ke bagian yang yang lebih atas lagi. Demikian selanjutnya sehingga komponen yang mencapai puncak menara adalah komponen yang pada suhu kamar berupa gas.

Salah satu bbm terpenting adalah bensin. Dipasaran bensin tersedi dalam berbagai jenis yaitu premium, premix dan pertamax yang mempunyai harga berbeda-beda sesuai dengan mutunya. Mutu bensin ditentukan oleh efektifitas pembakarannya dalam mesin. Bahan bakar yang baik bila didalam mesin tidak menimbulkan ketukan (knocking) atau mempunyai angka oktan yang tinggi.

1. Komposisi Bensin dan Bilangan Oktan
Angka okatan atau bilangan oktan adalah bilangan yang menunjukkan perbandingan komposisi antara rantai lururs (n-heptana) dan rantai bercabang (isooktana). Karana komposisi bensin terdiri dari n-heptana dan isooktana, yang mempunyai struktur sebagai berikut
Bilangan oktan mempunyai nilai nol (untuk n-heptana) sampai seratus (untuk isooktana). Bensin perdagangan diantaranya top class dengan angka oktan 82 yaitu mengandung 82% iso oktana dan 18 % n-heptana.

Berdasarkan keterangan diatas,
a.  Pertamax mempunyai nilai oktan 92, berarti terdiri dari ….% n-heptana dan ….% isooktana
b. Pertamax plus mempunyai bilangan oktan …. Yang terdiri dari ninety five % isooktana dan ….%       n-heptana.

2. Zat Additif Bensin
Bensin yang merupakan hasil penyulingan minyak bumi mempunyai bilangan oktan yang rendah(< 60), karena sebagian besar terdiri alkana rantai lurus. Bilangan oktan yang rendah dapat ditingkatkan dengan menambahkan zat additive anti ketukan yaitu yang memproses pengubahan alkana rantai lurus menjadi rantai bercabang. Zat anti ketukan yang sudah digunakan diantaranya adalah :

a.  Tetra Etil Lead (TEL)
Rumus molekul Pb(C2H5)four . TEL dilarang penggunaannya karena saat penggunaannya pada pembakaran bensin dapat menghasilkan oksida timah (PbO) yang menempel pada komponen mesin. Agar (PbO) tidak menempel penggunaan TEL (65%) ditambahkan dengan 1,2-dibromo etana dan 1,2-dikloro etana yang mengubah Pb menjadi PbBr2 (mudah menguap) yang keluar dari knalpot. Zat ini dapat mencemari udara dan jika masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan anemia, sakit kepala dan bila dalam kadar tinggi dapat menimbulkan kematian.

b.  Ethyl Tertier Butil Ether (ETBE)
     Rumus Molekul CH3O(C2H5)3

c.  Tertier Amil Metil Eter (TAME)
     Rumus molekul CH3 O (CH3) C2H5

d.  Metil Tertier Butil Eter (MTBE)
     Rumus Molekul CH3O(CH3)3

Additive di atas adalah yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Namun penggunaannya juga dibatasi karena beracun dan penyebab kanker. Bensin premix menggunakan campuran MTBE dan TEL.

Gas buangan kendaraan yang mungkin menghasilkan CO, CO2, SO2 dan NOx. Gas COsangat berbahaya kalau terhirup terlalu banyak dapat menyebabkan kematian, sebab mengganggu proses pengikatan oksigen oleh hemoglobin.



Share:

Newest Post

Posting Lainnya:

Disqus Comments