-->

Manfaat Gas Alam

Manfaat Gas Alam

Manfaat Gas Alam, Proses Pembentukan Gas Alam


Manfaat Gas alam. Gas alam merupakan bahan bakar fosil yang berbentuk gas yang terdiri dari komponen kimia metana CH4. Gas alm sendiri sering di sebut dengan Gas bumi atau gas rawa. Gas alam sering ditemukan di ladang-ladang minyak, ladang gas bumi dan juga bisa di temukan di penambangan batu bara. Komponen utama pembentuk gas alam adalah Metana CH4, yang merupakan molekul hidrokarbon yang berat seperti etana (C2H6), propana (C3H8) dan butana (C4H10), dan juga gas-gas yang mengandung belerang. Gas alam yang telah diproses dan akan dijual ke konsumen bersifat tidak berbau dan tidak berasa. Akan tetapi untuk keamanan, untuk mendeteksi kebocoran biasanya gas tersebut diberi bau dengan menambahkan THIOL.

            Gas alam yang sudah diproses sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi jika belum di proses bisa membahayakan dikarenakan bersifat mengurangi kandungan oksigen di udara pada level yang dapat membahayakan. Gas alam juga bisa berbahaya dikarenakan sifatnya yang sangat mudah terbakar dan dapat menimbulkan ledakan yang cukup besar jika julahnya banyak. Gas alam sangat ringan sehingga mudah tersebar di udara. Gas alam bisa sangat berbahaya jika berada di dalam ruangan tertutup, seperti rumah, knsentrasi gas dapat mencapai titik yang mudah terbkar atau meledak, yang jika tersulut api akan menyebabkan ledakan dan dapat menghancurkan ruangan atau rumah.

            Dikarenakan sifatnya gas alam disimpan dengan menggunakan metode”NATURAL GAS UNDERGROUND STORAGE” yaitu metode menyimpan gas alam di suatu ruangan raksasa di bawah tanah yang disebut SALT DOME yakni kubah-kubah di bawah tanah yang terbentuk reservoir sumber-sumber gas alam yang telah depleted. Untuk menyalurkan gas alam ke konsumen sistem transportasi gas alam yang digunakan meliputi transportasi menggunakan pipa salur, transportasi dalam bentuk Liquefied Natural Gas atau yang sering disebut LNG dengan kapal tangker LNG untuk transportasi jarak jauh, trasnportasi dalam bentuk Compressed Natural Gas atau CNG, baik transportasi darat menggunakan road tanker maupung dengan kapal tangker CNG, untuk jarak menengah antar pulau.

            Untuk saat ini gas alam sendiri dimanfaatkan sebagai bahan bakar, sebagai contoh bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas atau uap, bahan bakar ringan, menengah dan berat, bahan bakar kendaraan bermotor dan gas alam juga digunakan sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga , hotel dan restoran. Selain itu gas alam juga dimanfaatkan sebagai bahan baku, antara lain bahan baku pabrik pupuk, petrokimia, metanol, dan bahan baku plastik. Dan gas alam juga sebagai komoditas export, yakni berupa LNG.

tags
Proses Pembentukan Gas alam
Makalah Gas Alam
Lokasi gas Alam di Indonesia
Pemanfaatan Gas Alam

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments