-->

Proses Pembentukan Minyak Bumi

Proses Pembentukan Minyak Bumi

proses pembentukan minyak bumi dari awal sampai akhir



Proses pembentukan minyak bumi. Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak terbarukan. Minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari keberadaanya sangat diperluakan, bahkan ada pula yang menybutkan minyak bumi sebagai emas hitam. Minyak bumi sendiri terbentuk dari penguraian senyawa-senyawa organik dari jasad mikroorganisme jutaan tahun yang lalu. Minyak bumi ini terbentuk di dasar laut atau juga bisa di daratan. Minyak bumi ini terbentuk dari jasad-jasad organisme yang terdekomposisi dan tertimbun endapan-endapan lumpur dan zat-zat lain selama jutaan tahun yang lalu.

Minyak bumi terbentuk dikarenakan beberapa faktor yaitu tekanan , waktu dan suhu. Bersama dengan faktor tersebut jasad-jasad mikroorganisme yang terdekomposisi terendapkan dalam waktu yang lama, dan mengalami perubaha secara kimiawi menjad senyawa-senyawa yang kompleks menjadi hidrokarbon. Untuk proses terbentuknya hidrokarbon ini, memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar ratusan tahun, sehingga minyak bumi hampir tidak mungkin terbarukan.
Proses terbentuknya hidrokarbon atau minyak bumi selanjutnya adalah batuan induk yang terbentuk dari endapan dekomposisi jasad-jasad renik yang terkubur selama jutaan tahun, dan proses ini berlangsung terus menerus. Batuan yang menimbun hidrokarbon ini adalah batuan reservoir. Batuan ini terdiri dari batuan vulkanik, batuan pasir, dan batuan gamping. Batuan tersebut memiliki pori-pori didalamnya sehingga bisa mnyerap dan mengakumulasi hidrokarbon. Dalam proses penimbuana ini berlangsung terus menerus selama ratusan hingga jutaan tahun maka batuan induk ini mengalami peningkatan suhu dikarenakan penekana dari endapan tersebut dan jika semakin dalam proses penimbunan ini maka akan semakin dekat dengan inti bumi sehingga batuan induk tersebut akan mengalami perubahan suh yang lebih tinggi.

Dalam proses pembentukan hidrokarbon atau minyak bumi ini , minyak bumi akan terbentuk jika suhu dalam endapan tersebtu mencapai 50-180 derajat celcius. Akan tetapi akan menghasilkan hidrokarbon atau minyak bumi dengan kualitas bagus adalah di suhu 100 derajat celcius.

Dalam proses pembentukan hidrokarbon, senyawa karbon yang mengalami proses pemanasan akan bereaksi dengan hidrogen sehingga membentuk senyawa hidrokarbon. Dari proses inilah minyak bumi terbentuk dan berupa minyakk mentah. Minyak mentah ini memiliki kekentalan yang lebih tinggi daripada air akan tetapi minyak mentah ini memiliki berat jenis yang lebih ringan dari air. Karena perbedaan berat jenis inilah minyak mentah ini cenderung nik keatas dan terperangkap di batuan.

Berikut ini merupakan tahapan Proses Pembentukan Minyak Bumi.

1.  Prose pembentukan minyak bumi sebenrnya akan terbentuk secara alami, akan tetapi pada umumnya terbentuk karena hasil fotosintesa dari ganggang. Pada dasrnya semua jenis tumbuhan lain yang tingkatanya lebih tinggi dari ganggang jug bisa menghasilkan minyak bumi, namu pada kenyataanya kebanyakan tumbuhan yang lebih tinggi tingkatanya dari ganggang lebih sering menghasilkan gas.

2. Tahapan berikutnya dalam pembentukan mnyak bumi ialah terbentuknya batuan induk, batuan induk ini terbentuk dari ganggang yang tertimbun oleh sedimen-sedimen dan lumpur di sebuah cekungan. Ganggang - ganggang yang tertimbun kemudian berubah menjadi batuan induk.

3. Pada tahapan ini batuan induk yang sudah terbentuk akan mengalami penimbunan oleh batuan lain dengan rentang waktu juataan tahun. semakin lama seakin banyak pula batuan lain yang menimbun batuan induk , maka batuan induk akan semakin tertekan sehingga batuan induk tersebut mengalami perubahan suhu yang meningkat akibat dari tekana tersebut.

4. Pada proses yang terakhir ini karbon yang terakumulasi pada batuan induk terpanaskan dan bereaksi dengan hidrogen yang kemudaian akan membentuk hidrokarbon dan membentuk minyak mentah.


Proses Pembentukan Minyak Bumi inisangat panjang proesnya dan memerlukan waktu yang cukup lama. Minyak bumi merupakan simber energi yang tidak terbarukan, jika kita tidak bijak dalam pengexploitasi minyak bumi bukan tidak mungkin cadangan minyak bumi di indonesia kan habis. Sudah saatnya kita menghemat penggunaan minyak bumi di kehidupan sehari-hari, agar ketersediaan cadangan minyak bumi bisa terjaga.

Demikian ulasan tentang Proses Pembentukan Minyak Bumi secara singkat dan semoga menjadi tambahan ilmu bagi anda.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments