-->

Pekerjaan di Industri MIGAS

Pekerjaan di Industri MIGAS

pekerjaan di dunia minyak dan gas bumi

Di Industri Migas itu kerjaannya seperti apa sih??Apakah seperti perusahaan-perusahaan konstruksi??atau sperti perusahaan kimia??terus kerjaannya apa aja??
Seperti Industri-Industri pada umumnya, industri migas memiliki divisi-divisi spesifik, pada umumnya perusahaan migas besar memilikinya yaitu divisi Reservoir, divisi Pengeboran, dan divisi Produksi.
DIVISI RESERVOIR (Reservoir Department)
Reservoir itu identik sebagai "tempat tinggal" minyak bumi dan gas, tempat tingal????masih bingung kan??
Nah,.jadi begini gampangnya.. Reservoir itu diasumsikan/dianggap suatu wadah yang memiliki batasan tertentu dimana minyak dan gas terbentuk, umumnya reservoir itu berbentuk cekungan, berada di dalam tanah pada kedalaman tertentu yang memiliki sifat dan karateristik yang cocok untuk miyak terbentuk, berdiam dir, dan jga bermobilisasi.
Bermobilisasi???jadi minyak itu ngalir ya walaupun di dalam tanah??
Yupp..benar,.minyak sejatinya adalah cairan yang memiliki berat jenis tertentu juga,jadi minyak bumi akan menyesuaikan dengan wadah tempat dia bernaung.
Kerjaan di divisi Reservoir itu apa aja si????
1. Pada umumnya memeperkirakan berapa besar cadangan yang masih ada, cadangan yang sudah terambil, memetakan area bawah permukaan, memperkirakan batasan reservoir beserta bentuknya sehingga nantinya didapatkan data kondisi yang akurat tentang reservoir.
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : http://www.planetseed.com
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : http://www.ems.psu.edu
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : http://www.treuropa.com
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : http://www.apexapex.com
DIVISI PENGEBORAN (Drilling Department)
Divisi ini bekerja untuk membuat jalan agar minyak dapat diproduksikan.
Divisi ini tidak dapat dipisahkan dalam industri migas, karena itulah divisi ini yang punya slogan "direct action,drilling into the deepest bottomhole".
Dalam melakukan suatu proses pengeboran, banyak hal yang harus diperhatikan, antra lain litologi batuan, tekanan bawah permukaan, dsb. Hal ini lah nantinya yang dijadikan acuan dalam melakukan pengeboran suatu sumur migas, apakah pengeboran itu dilakukan secara tegak (vertical well drilling), ataukah pengeboran berarah(directional drilling). Dalam merencakan suatu operasi permboran perlu disiapkan secara matang baik tempat, ketersedian air, serta mobilisasi peralatan pemboran.
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : http://bunkerville.wordpress.com
petroleum
Sumber : http://www.neogap.org
Pengeboran berarah itu gimana si??kriteria dilakukan pengeboran berarah pada suatu sumur itu gimana??
Pengeboran berarah yah jelas aja gak tegak sob!!hehehe...maksdunya itu pemboran yang dilakukan yang tidak menghasilkan sumur tegak,biasanya pemboran ini memiliki sudut inklinasi setiap 100 meter (sekian derajat per 100 meter) dari permukaan.
Kriteria dilakukannya pengeboran ini pada daerah-daerah dimana lokasi prospek berada di bawah pemukiman penduduk yang tidak bisa dilakukan pengeboran tegak. Misalkan lokasi prospek berda di bawah masjid, gereja, rumah sakit, atau bahkan kantor pemeritahan, pada lokasi-lokasi ini tidak mungkin dilakukan pengeboran tegak, untuk itu lokasi pengeboran diletakkan pada zona aman (radius beberapa kilometer dari lokasi prospek dan tidak berpopulasi) kemudian pemboran diarahkan menuju dasar lokasi prospek.
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : www. mitchellgroup.net
Pekerjaan di Industri MIGAS
Sumber : www.directionaldrilling.blogspot.com
Sumber :www.superioroilandgas.com
DIVISI PRODUKSI (Production Department)
Divisi ini bekerja untuk mengangkat minyak & gas dari dalam sumur menuju ke permukaan, ada beberapa tipe produksi dalam proses pengangkatan minyak & gas ini yaitu :
1. Pengangkatan Alami (Natural Lift), yang dimaksud alami disini adalah kondisi dimana minyak & gas bisa dengan sendirinya bergerak menuju permukaan tanpa alat bantu pompa maupun injeksi. Hal ini terjadi pada saat tekanan dari dalam sumur masih besar (di atas tekanan permukaan) sehingga minyak & gas akan terproduksi ke permukaan secara alami.
2. Pengangkatan Buatan (Artifial Lift), yang dimaksud buatan yaitu dalam proses pengangaktan minyak & gas dibutuhkan bantuan alat seperti pompa & injeksi (sumur minyak), dan compressor (sumur gas). Artificial Lift beragam jenisnya, antara lain pompa benam listrik (Electical Sumbersible Pump/ESP), pompa angguk (Sucker Rod Pump/SRP),dan injeksi gas (Gas Lift) untuk sumur gas umumnya menggunakan kompressor yang diletakkan di kepala sumur.
3. Metode Pengangkatan Lanjut (Enhanced Oil Recovery), yaitu proses pendorongan / pendesakan minyak bumi dengan cara memasukkan / menginjeksikan air,gas,ataupun bahan kimia di sumur injeksi dengan maksud mendorong kinerja sumur produksi.
Kenapa si perlu Artificial Lift & EOR??Kapan Artifiacl Lift & EOR dilakukan??
Kondisi Artifial Lift & EOR dilakukan karena tekanan dalam sumur sudah tidak mampu mengalirkan minyak & gas sampai permukaan. untuk itu diperlukan alat bantu agar minyak dapat sampai ke permukaan.
Artificial Lift & EOR dilakukan pada saat minyak & gas tidak bisa terproduksi lagi secara Natural Lift atau, minyaknya gak bisa keluar dari sumur.
Pekerjaan di Industri MIGAS
SRP (Sumber : www.kids.britannica.com)
Pekerjaan di Industri MIGAS
ESP (Sumber : http://www.rodlesspump.com.cn)
Pekerjaan di Industri MIGAS
Wellhead Compressor (Sumber : http://www.photographersdirect.com)
Pekerjaan di Industri MIGAS
EOR (Sumber : http://www.co2-eor.com/)


Dari ketiga divisi tersebut, tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Mereka bertiga adalah "The Three Muskteteers" -nya industri perminyakan kalo bisa saya bilang.
Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita,.

Share:

Posting Lainnya:

Disqus Comments